5 Deposito Terbaik di Indonesia

By Properti bogor - Desember 07, 2015




Deposito merupakan salah satu produk penyimpanan uang di bank dengan sistem penyetoran dan juga penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu. Berbeda dengan tabungan yang biasanya yang bisa Anda akses kapanpun, deposito akan mengenakan sejumlah potongan atau penalti pada tabungan Anda apabila Anda memaksa untuk mengambilnya sebelum jatuh waktunya. Waktu pengambilannyapun variatif bisa Anda pilih dari 1, 3, 6, 12, atau bisa juga 24 bulan. Kelebihan utama dari memiliki deposito adalah tingkat suku bunga bank yang diberikan lebih besar daripada produk tabungan biasa, oleh sebab itulah sebagai gantinya Anda tidak diperbolehkan mengambil uang tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
Jangka waktu pengambilan deposito juga dapat diperpanjang secara otomatis dengan menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over). Dengan sistem tersebut, ketika deposito Anda sudah jatuh tempo akan diperpanjang dengan sendirinya sampai si pemilik mencairkannya. Dengan kata lain, uang Anda akan berakumulasi dengan sendirinya, oleh karena itu deposito merupakan pilihan favorit bagi orang-orang yang sedang mencari bahan investasi terutama bagi para investor pemula.
Jenis-Jenis Deposito
Description: Deposito Terbagi dalam Tiga Jenis
Deposito Terbagi Menjadi Tiga Jenis via simonaval.com

1. Deposito Berjangka
Deposito berjangka adalah jenis deposito yang paling sering digunakan. Sesuai namanya, ciri khas dari deposito berjangka adalah jenis tabungan berjangka yang dimunculkan menurut jangka waktu tertentu mulai dari 1, 2, 3, 6, 12, 18, atau 24 bulan sesuai dengan tanggal yang telah disepakati antara nasabah dan pihak bank. Oleh karena uang yang disimpan hanya bisa diambil ketika jatuh tempo oleh pihak yang tertera pada bilyetnya (bisa perorangan atau lembaga).
2. Sertifikat Deposito
Sertifikat Deposito adalah simpanan dana yang diberikan pada nasabah dengan jangka waktu 3, 6, atau 12 bulan yang disertai dengan sertifikat. Sertifikat tersebut tidak mengacu pada nama seseorang atau lembaga tertentu karena sertifikat tersebut nantinya dapat digunakan untuk memindahtangankan atau bisa juga dijual pada pihak lain. Pencairan bunga dari sertifikat deposito dapat dilakukan di muka, tiap bulan, atau tiap jatuh tempo, baik tunau maupun non tunai.
3. Deposito On Call
Deposito on call adalah tabungan berjangka dengan waktu minimal tujuh hari atau paling lama kurang dari satu bulan. Deposito ini diterbitkan dengan diatasnamakan oleh nasabah dan dalam jumlah yang besar. Besarnya bunga bisa dihitung perbulan tergantung negosiasi antara nasabah dengan pihak bank. Pencairan bunganya bisa dilakukan pada saat pencairan deposito on call dengan catatan bahwa nasabah sudah memberitahukan sebelumnya bahwa tabungannya akan diambil atau dicairkan.
Kelebihan dan Kekurangan Deposito
Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Deposito via spielematerial.de

Deposito berjangka memiliki banyak sekali keuntungan. Salah satu keuntungannya adalah suku bunga yang lebih tinggi daripada rekening tabungan biasa. Kemudian, resiko kehilangan uang juga sangat kecil, oleh sebab itulah deposito merupakan satu bentuk investasi yang sering digunakan banyak orang. Walaupun banyak kelebihan lainnya, deposito memiliki sejumlah kekurangan juga. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan deposito:
Kelebihan:
(+) Sarana Investasi yang Baik
Salah satu keuntungan utamanya adalah deposito merupakan salah satu sarana berinvestasi yang tepat dan dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Selain itu, dengan menggunakan deposito berjangka maka nilai pokok dari uang yang diinvestasikan juga dapat terjaga. Oleh karena itu deposito berjangka berbeda dengan bentuk investasi lainnya seperti saham dan obligasi, di mana bentuk investasi tersebut memiliki resiko berupa nilai pokok dari kedua investasi tersebut ada kemungkinan berkurang. Nilai pokok obligasi sangat bergantung pada pergerakan suku bunga, jadi ketika suku bunga naik, maka harga obligasi akan turun. Begitu juga dengan saham yang nilainya bergantung pada kondisi pasar.
(+) Suku Bunga Lebih Tinggi
Suku bunga deposito lebih tinggi daripada jenis tabungan yang biasa. Nasabah yang mendepositkan tabungannya juga bisa mengharapkan imbal hasil yang lebih baik dibandingkan dengan menyimpan uang dalam rekening tabungan.
(+) Bunga Deposito Mudah Diakses
Meski deposito tidak memperbolehkan pemiliknya untuk mengakses uangnya setiap saat, tetapi beberapa bank di Indonesia telah memberikan kemudahan bagi para nasabahnya untuk mengambil bunga deposito atau mentransfer ke rekening yang dikehendaki. Dengan demikian, nasabah masih bisa menerima pendapatan rutin dalam bentuk pembayaran bunga pada interval waktu tertentu.
(+) Resiko Kerugian Kecil
Selain terlindung dari resiko fluktuasi pasar, deposito di Indonesia juga dilindungi oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) yaitu lembaga yang akan menjaga uang yang disimpan oleh nasabah. Jadi, apabila bank tempat nasabah menyimpan uang mengalami kebangkrutan, maka lembaga tersebut akan menjamin dana setiap nasabah hingga Rp 2 Milyar dengan suku bunga maksimal 7,5% di setiap bank, dengan catatan bank yang Anda gunakan terdaftar dalam LPS.
Kekurangan:
(-) Imba Hasil Rendah
Memang deposito adalah bentuk investasi yang paling aman diantara yang lainnya, namun sebagai gantinya imba hasil yang bisa diberikan dari deposito tergolong rendah atau paling rendah diantara bentuk investasi lainnya.
(-) Lemah Terhadap Inflasi
Bunga deposito bisa menjadi tidak ada artinya ketika terjadi inflasi yang tinggi. Sebagai informasi tambahan, ketika tingkat inflasi pada bulan maret 2013 di indonesia mencapai angka 5.9%, sedangkan rata-rata suku bunga deposito saat itu adalah berkisar 3,5% sampai 5,5%. Jumlah tersebut masih belum termasuk potongan pajak 20% bunga untuk deposito di atas Rp 7,5 juta.
(-) Nilai Investasi Tidak Bisa Bertambah
Tidak ada cara apapun yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai investasi. Hal tersebut dikarenakan oleh tidak adanya kesempatan bagi nasabah pemilik deposito untuk terlibat langsung dalam pengelolaanya.
(-) Akses Terbatas
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, uang yang telah didepositokan oleh nasabah pada pihak bank tidak boleh diambil sebelum jatuh tempo. Apabila nasabah terpaksa ingin mengambil uang tersebut, maka uang yang didepositokan akan terkena potongan penalti.
Ketentuan Pajak Deposito
Dalam mendapatkan suku bunga dari deposito, ada sebuah pajak khusus yakni pajak atas bunga deposito dan tabungan. Pajak tersebut memiliki besaran persentase 20% apabila nilai deposito di atas Rp 7,5 juta. Pajak tersebut akan mengurangi nilai suku bunga yang didapatkan oleh nasabah. Semakin besar suku bunga yang diperoleh, maka semakin besar pula pajaknya. Pajak bunga deposito tersebut berdasarkan peraturan direktorat jenderal pajak yaitu:
  • PP 131 Tahun 2000 (berlaku sejak 1 Januari 2001) tentang PPh atas bunga deposito dan tabungan serta diskonto SBI
  • KMK-51/kmk.04/2001 (berlaku sejak 1 Januari 2001) tentang pemotongan PPh atas bunga deposito dan tabungan serta diskonto SBI
  • SE-01/PJ.43/2001 (berlaku sejak 1 Januari 2001) tentang PP 131 Tahun 2000
Tahap-Tahap Pengajuan Deposito
Untuk kemudahan Anda dalam mendaftar sebagai nasabah deposito, kami akan memberikan sedikit pengetahuan mengenai tahap-tahap yang dilalui. Tahapannya adalah sebagai berikut:
1. Nasabah diharuskan telah memiliki rekening di bank tempat akan mendaftar deposito
2. Siapkan KTP dan NPWP sebagai persyaratan pembukaan deposito
3. Siapkan sejumlah dana untuk pembayaran biaya materai yang akan digunakan
4. Tentukan tenor dan jenis deposito berdasarkan produk-produk yang ditawarkan oleh pihak bank
5. Isi formulir pendaftaran deposito dengan lengkap dan sebenar-benarnya
6. Ikuti arahan dari CS ketika sedang membuka deposito
7. Setelah dinyatakan berhasil, nasabah akan menerima bilyet sebagai bukti kepemilikan deposito
8. Simpan dengan baik bukti tersebut yang nantinya digunakan ketika pencairan dana deposito
Memilih Bank Deposito
Description: Memilih Deposito Terbaik
Ketahui Beberapa Hal Sebelum Memilih Produk Deposito via knowledgeformen.com

Sebelum Anda menggunakan produk deposito, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih bank tempat Anda akan mendepositkan uang Anda dan bisa juga dijadikan sebagai acuan untuk memilih bank yang baik.
1. Reputasi Bank
Memperhatikan reputasi Bank adalah hal yang penting sebelum Anda menaruh uang Anda disana. Bank tempat Anda membuat deposito harus memenuhi standar kesehatan oleh Bank Indonesia. Hal ini diperlukan untuk menghindari diri Anda dari resiko kebangkrutan Bank kelak. Selain itu, dengan reputasi yang baik, Bank juga biasanya memiliki standar pelayanan yang baik dan memuaskan nasabah, sehingga selain aman, Anda juga akan merasa nyaman memiliki deposito di Bank tersebut.
2. Suku Bunga Deposito
Tentu saja, besaran bunga deposito menjadi salah satu pertimbangan Anda sebelum memilih Bank yang paling tepat. Mencari tahu dan membandingkan bunga deposito antar Bank akan membantu Anda untuk melihat siapa yang menawarkan bunga deposito tertinggi bagi Anda. Semakin tinggi bunga deposito, maka semakin besar keuntungan yang Anda dapatkan.
3. Jangka Waktu Deposito
Perbedaan jangka waktu deposito juga berdampak pada besaran bunga deposito yang diberikan oleh Bank. Jangka waktu yang ditawarkan untuk deposito adalah mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan 24 bulan. Pilihlah jangka waktu yang sesuai dengan kebutuhan Anda ke depan. Setelah menentukan jangka waktu, Anda baru bisa melakukan perbandingan bunga deposito antar Bank.
4. Biaya Deposito
Tidak semua Bank memberlakukan biaya administrasi per bulan serta biaya pinalti jika Anda melakukan penarikan uang sebelum jatuh tempo. Tapi, lebih baik pastikan dulu apakah Bank yang Anda inginkan memiliki biaya-biaya tersebut atau tidak dan juga perhatikan besarnya biaya. Pilihlah yang paling menguntungkan bagi keuangan Anda.
5. Penarikan Dana Sebelum Jatuh Tempo
Penarikan tersebut biasanya disebut dengan penalti. Biaya penalti akan diberlakukan apabila nasabah menarik tabungannya sebelum waktu deposito habis. Kebanyakan bank akan menghilangkan kesempatan untuk memperoleh bunga sebagai penaltinya, tetapi kebijakan di setiap bank bisa saja berbeda-beda.
6. Fitur yang Diberikan
Ketahui juga fitur apa saja yang diberikan oleh pihak bank pada nasabah yang menggunakan deposito. Apakah bank tersebut menggunakan fasilitas perpanjangan deposito otomatis atau disebut dengan (Automatic Roll Over) yang akan sangat memudahkan transaksi nasabah.
Deposito Terbaik
Setelah melakukan beberapa penilaian terhadap produk-produk deposito yang ditawarkan oleh bank-bank di Indonesia, kami telah merangkum beberapa deposito yang bisa menjadi pilihan Anda. Di bawah ini adalah lima deposito terbaik menurut Cermati:
Description: Logo Bank Panin
Panin Bank via panin.co.id

Deposito Panin Rupiah adalah simpanan berjangka waktu tertentu dan terlengkap dalam mata uang Rupiah dan/atau valuta asing, dengan tingkat suku bunga yang bervariasi dan kompetitif, sangat sesuai dengan kebutuhan investasi Anda.
Keunggulan Deposito Panin Rupiah
- Reputasi Bank
  • Reputasi bank dikenal baik
  • Hingga akhir tahun 2014 Panin Bank memiliki total aset mencapai Rp172,6 trilyun, kredit yang diberikan sebesar Rp111,9 trilyun, dana pihak ketiga sebesar Rp126,1 trilyun, dan modal sendiri sebesar Rp23,2 trilyun
  • Merupakan salah satu dari 10 besar bank nasional
  • Memiliki 560 kantor cabang dan 1.009 jaringan ATM yang tersebar dari Aceh hingga Papua
  • Mendapatkan banyak prestasi salah satunya pada tahun 2014 mendapatkan InfoBank Awards: Atas kinerja keuangan "Sangat Bagus" 2009-2013 (Jakarta, 18 Juli 2014)
- Pilihan Jangka Waktu Deposito
  • Jangka waktu yang ditawarkan 1, 3, 6, dan 12 bulan
- Biaya Penalti Penarikan Sebelum Jatuh Tempo
  • Tidak dikenakan biaya penarikan sebelum jatuh tempo
- Biaya Lainnya
  • Tidak terdapat biaya lainnya, Deposito Panin Rupiah bebas biaya
- Suku Bunga
  • Deposito Panin Rupiah memberikan tingkat bunga yang paling tinggi diantara berbagai macam produk deposito yaitu sebesar 8,75%
- Fitur yang Diberikan
  • Tersedia fasilitas Non Aro dan ARO
Description: Logo Permata Bank
PermataBank via permatabank.com

PermataDeposito merupakan simpanan berjangka dalam berbagai pilihan mata uang dengan bunga maksimal yang memberikan rasa aman kepada nasabah. PermataDeposito Rupiah menawarkan jangka waktu yang fleksibel. Selain itu, tersedia juga fasilitas ARO serta deposito dapat dijadikan sebagai jaminan kredit. 
Keunggulan PermataDeposito Rupiah
- Reputasi Bank
  • Merupakan hasil merger dari 5 bank
  • Melayani sekitar dua juta nasabah di 60 kota di Indonesia, per Juli 2014 PermataBank memiliki 329 cabang (16 Cabang Syariah dan 313 Cabang Konvensional), 20 Cabang Bergerak (Mobile Branch), tiga Payment Point, 940 ATM dengan akses di lebih dari 69.000 ATM (VisaPlus, Visa Electron, MasterCard, Alto, ATM Bersama dan ATM Prima)
  • Mendapatkan penghargaan dari 2014 Asiamoney Foreign Exchange Poll yaitu Indonesia's Bes Domestic Providers of FX Services; peringkat ketiga Layanan Prima Terbaik dan Best Overall Performance selama dua tahun berturut-turut kategori Bank Umum
- Pilihan Jangka Waktu Deposito
  • Jangka waktu yang ditawarkan 1, 3, 6, dan 12 bulan
- Biaya Penalti Penarikan Sebelum Jatuh Tempo
  • Tidak dikenakan biaya penarikan sebelum jatuh tempo
- Biaya Lainnya
  • Tidak terdapat biaya lainnya, PermataDeposito Rupiah bebas biaya
- Suku Bunga
  • PermataDeposito Rupiah memberikan tingkat bunga yang tergolong tinggi untuk produk deposito yaitu sebesar 8.10%
- Fitur yang Diberikan
  • Tersedia fasilitas Non ARO dan ARO serta dapat dijadikan sebagai jaminan kredit (Kredit Swadana)
Description: Logo CIMB Niaga
CIMB Niaga via cimbniaga.com

Desposito Berjangka Rupiah CIMB Niaga menawarkan jangka waktu yang fleksibel. Selain itu terdapat juga fasilitas ARO dan deposito tersebut dapat dijadikan jaminan kartu kredit
Keunggulan CIMB Niaga Deposito Berjangka Rupiah
- Reputasi Bank
  • CIMB Niaga merupakan bank terbesar keempat di Indonesia dilihat dari sisi aset, dan diakui prestasi dan keunggulannya di bidang pelayanan nasabah dan pengembangan manajemen
  • Bank penyedia kredit pemilikan rumah terbesar ketiga di Indonesia
  • Meraih Corporate Image Award 2014 untuk kategori bank dengan aset menengah (medium asset national bank) dari Frontier Consulting Group
- Pilihan Jangka Waktu Deposito
  • Jangka waktu yang ditawarkan 1, 3, 6, dan 12 bulan
- Biaya Penalti Penarikan Sebelum Jatuh Tempo
  • Tidak dikenakan biaya penarikan sebelum jatuh tempo
- Biaya Lainnya
  • Tidak terdapat biaya lainnya, CIMB Niaga Deposito Berjangka Rupiah bebas biaya
- Suku Bunga
  • CIMB Niaga Deposito Berjangka Rupiah memberikan tingkat bunga yang cukup tinggi untuk produk deposito yaitu sebesar 7,75%
- Fitur yang Diberikan
  • Tersedia fasilitas Non ARO dan ARO serta dapat dijadikan sebagai jaminan kredit sampai dengan 95% nominal deposito
Description: Logo Bank BCA
Bank BCA via bca.co.id

Anda ingin menginvestasikan uang Anda dengan aman? Dapatkan solusinya di produk Deposito Berjangka BCA. Dengan Deposito Berjangka BCA, Anda akan mendapatkan imba hasil yang menarik sekaligus aman. Deposito Berjangka BCA merupakan sarana investasi yang tepat karena Deposito Berjangka Rupiah yang dikeluarkan BCA menawarkan jangka waktu fleksibel dan setoran minimum rendah. BCA juga memfasilitasi Sweep Account dan ARO.
Keunggulan BCA Deposito Berjangka Rupiah
- Reputasi Bank
  • Bank swasta terbesar di Indonesia
  • Mendapatkan penghargaan Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014 untuk kategori Saving Account dari MarkPlus. INC
  • PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai bank swasta terbesar dan terkemuka di Indonesia semakin kukuh dengan diraihnya penghargaan "Euromoney Awards for Excellences (Asia) 2014" untuk kategori "Best Bank in Indonesia"
- Pilihan Jangka Waktu Deposito
  • Jangka waktu yang ditawarkan 1, 3, 6, dan 12 bulan
- Biaya Penalti Penarikan Sebelum Jatuh Tempo
  • Tidak dikenakan biaya penarikan sebelum jatuh tempo
- Biaya Lainnya
  • Tidak terdapat biaya lainnya, BCA Deposito Berjangka Rupiah bebas biaya
- Suku Bunga
  • BCA Deposito Berjangka Rupiah memberikan tingkat bunga yang cukup tinggi untuk produk deposito yaitu sebesar 7%
- Fitur yang Diberikan
  • Tersedia fasilitas Non ARO, ARO, dan ARO Plus
Description: Logo Bank Mandiri
Bank Mandiri via bankmandiri.co.id

Untuk memastikan uang Anda diinvestasikan di tempat yang aman dan terpercaya sekaligus menguntungkan, Mandiri Deposito Rupiah adalah pilihan yang tepat dan dapat diandalkan. Mandiri Deposito Rupiah adalah simpanan berjangka dalam mata uang Rupiah dengan bunga menarik dan beragam keuntungan lainnya. Mandiri Deposito Rupiah dapat dibuka atas nama dua orang, jangka waktu yang lebih fleksibel, dan bunga yang dihitung berdasarkan jumlah hari yang sebenarnya.
Keunggulan Mandiri Deposito Rupiah
- Reputasi Bank
  • Total aset Bank Mandiri mencapai Rp551,9 trilyun
  • Bank Mandiri Merupakan bank terbesar di Indonesia
  • Bank pemberi pinjaman terbesar di Indonesia (secara konsolidasi), juga merupakan bank penyimpanan terbesar di Indonesia dengan dana pihak ketiga sebesar 422,3 trilyun
  • Mendapatkan penghargaan InfoBank BUMN Awards 2014: Kinerja Keuangan "Sangat Bagus" 2009-2013
- Pilihan Jangka Waktu Deposito
  • Jangka waktu yang ditawarkan 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan
- Biaya Penalti Penarikan Sebelum Jatuh Tempo
  • Tidak dikenakan biaya penarikan sebelum jatuh tempo
- Biaya Lainnya
  • Hanya dikenakan biaya stamp fee
- Suku Bunga
  • Mandiri Deposito Rupiah memberikan tingkat bunga yang cukup tinggi untuk produk deposito yaitu sebesar 7,5%
- Fitur yang Diberikan
  • Bunga dihitung berdasarkan jumlah hari sebenarnya
  • Dapat dibuka atas nama dua orang pribadi
Bentuk Investasi Aman dan Menguntungkan
Dengan mendepositkan uang Anda, maka Anda telah melakukan suatu bentuk investasi. Dengan kata lain uang Anda akan berlipat hanya dengan menunggu. Memang tidak semua investasi akan selalu mendatangkan keuntungan yang pasti, atau kasus terburuknya adalah Anda akan kehilangan uang jika Anda salah menempatkannya. Akan tetapi, dengan deposito Anda akan bisa merasakan keuntungan dari berinvestasi. Oleh karena itu deposito merupakan solusi ketika Anda bingung untuk memilih beragam bentuk investasi karena deposito adalah pilihan investasi yang aman dan menguntungkan.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar